Motif Tegel Kuno di Sekolahku

Saat ini jika kita  mencari gedung kuno yang masih terjaga keasliannya sudah sulit didapatkan, baik itu dinding, pintu, jendela maupun lantainya. Ada yang dipertahankan bentuk bangunannya, jendela dan pintunya, tapi lantainya sudah diganti dengan keramik. Alasannya selalu sama yaitu agar tampak bersih. Maklum, jika tegel sudah berusia hampir seabad pasti warnanya sudah kusam.

Gedung induk di sekolahku adalah gedung kuno yang hampir 80 % masih asli. Jendela, pintu, lantai dan atapnya masih asli, ada sedikit perubahan pada bagian beranda depan yang menyebabkan mengurangi keindahannya, dan perubahan warna dinding kayu yang dulunya diplitur diganti dengan cat, juga telah mengurangi keklasikkan gedung ini. Memang sulit untuk  mempertahankan keasliannya, apalagi jika yang kebetulan memegang tampuk pimpinan di sekolah ini adalah orang yang tidak memiliki rasa untuk melindungi dan menghargai gedung kuno sebagai cagar budaya. Hal ini bisa dilihat, pada kepemimpinan siapa gedung ini telah berubah, dan tidak mustahil bila  ada pemimpin berikutnya yang akan mengubah keaslian gedung ini , entah itu jendelanya, pintunya, lantainya , atau mungkin atapnya. Semoga di SMA Negeri 2  Malang ini akan selalu mendapatkan pemimpin yang bisa menghargai gedung induk sekolah ini  sebagai cagar budaya .

Untuk itu sebelum ada yang mengganti secara keseluruhan lantai tegel menjadi keramik  , maka saya mencoba mendokumentasikan motif-motif tegel kuno yang menghiasi  lantai gedung induk di sekolah kami.

Berikut ini adalah motif tegel yang terpasang di beranda depan, di bagian sebelah kiri dan kanan

Motif Tegel  1
Motif Tegel 1

Motif ini terpasang di beranda depan bagian tengah.

Motif Tegel 3
Motif Tegel 2

Motif ini terpasang  di bagian tengah ,  di ruang pertama

Motif Tegel 3
Motif Tegel 3

Motif ini terpasang  di bagian tepi ,  di ruang pertama tegel 4 Motif ini terpasang  di bagian tepi ,  di ruang ke dua tegel 5 Motif ini terpasang  di bagian tepi ,  di ruang ketiga tegel 6 Motif ini terpasang  di bagian tengah ,  di ruang ke tiga tegel 7 Motif ini terpasang  di bagian teras dari gedung kecil disamping gedung induk tegel 8 Itulah beberapa motif tegel kuno yang ada di gedung induk sekolah kami Mudah-mudahan tidak segera diganti dengan keramik …., tapi tetap dipertahankan  keasliannya …..

One thought on “Motif Tegel Kuno di Sekolahku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s