Widuri , Si Cantik yang banyak dijumpai di daerah pesisir

Widuri yang memiliki nama latin  Calotropis gigantea  Dryand merupakan  tumbuhan yang bisa dijumpai hampir di seluruh wilayah Indonesia, dan tumbuhan Widuri ini juga ditemukan di wilayah lain misalnya: China, Malaysia, Inggris, Thailand, Filipina ,dan lain lain. Widuri pada umumnya merupakan tumbuhan liar yang hidup di daerah pesisir pantai , di tanah –tanah lapang , dan di padang rumput yang banyak mendapatkan cahaya matahari.

Widuri  atau Calotropis gigantea memiliki nama lokal yang bermacam-macam : Sumatera: rubik, biduri, lembega, rembega, rumbigo. Jawa: babakoan, badori, biduri, widuri, saduri, sidoguri, bidhuri, burigha. Bali: Manori, maduri. Nusa Tenggara: muduri, rembiga, kore, krokoh, kolonsusu, modo kapauk, modo kampauk.  Sulawesi: rambega

Karena  sudah tersebar ke seluruh belahan dunia maka Widuri  atau Calotropis giganteaini juga memiliki nama umum, antara lain Madaar, Shwet ankh (white eye) Giant milk weed, Crown flower, Swallow-wort, Sodom apple (Calotropis procera)
Foto- foto Calotropis gigantea ini diambil dari lokasi Pantai Parangtritis Jogjakarta dan Pantai Sanur Bali

Bunga Widuri

Widuri  atau Calotropis gigantea berupa perdu perennial yang tingginya dapat mencapai ± 0,5 -2 m.

Batang Calotropis gigantea berbentuk silindris dengan percabangan simpodial, berwarna hijau keputihan karena berlapis lilin.Jika batang dilukai akan mengeluarkan getah yang berwarna putih susu.

batang Widuri

batang Widuri

Daun Calotropis gigantea  berupa daun tunggal bertangkai pendek, tebal, berbentuk bulat telur terbalik, dengan warna khas hijau keputihan.Tepi daun rata, tulang daun menyirip. Permukaan atas daun muda berambut tebal, ketika tua menjadi gundul.

Widuri

Kedudukan daun Calotropis gigantea saling berhadapan dan tumbuh dengan posisi  berselang seling. diantara kedua daun biasanya akan tumbuh tunas / percabangan

Kedudukan daun Widuri terhadap batang

Kedudukan daun Widuri terhadap batang

Bunga Calotropis gigantea berupa bunga majemuk , berkarang dan bertangkai panjang , tidak memiliki kelopak bunga.

Karangan kuncup bunga Widuri

Karangan kuncup bunga Widuri

Mahkota bunga Calotropis gigantea berwarna ungu keputih-putihan berlapis lilin;  kepala putik lebar bersudut 5, berwarna kuning kehijauan, berada di atas tabung berbentuk eksotik yang bersudut 5,  berwana ungu ; bunga tumbuh di bagian ketiak daun pada bagian ujung atau bagian terminal .

Bunga Widuri yang sedang mekar

Bunga Widuri yang sedang mekar

Buah Calotropis gigantea nya berbentuk bulat telur memanjang seperti bumbung dengan ujung yang berbentuk kait. berwarna hijau , panjang 9-10 cm,. Bijinya kecil, lonjong, pipih, berwarna cokelat, berambut pendek dan tebal, umbai rambut serupa sutera panjang,sehingga biji bisa diterbangkan oleh angin. Widuri dapat diperbanyak dengan biji.

Klasifikasi

Susunan takson dari tumbuhan Widuri  (Calotropis gigantea Dryand.) adalah sebagai berikut

Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)

Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Asteridae
Ordo: Gentianales
Famili: Asclepiadaceae

Genus: Calotropis

Spesies: Calotropis gigantea Dryand

Kandungan Senyawa Aktif :

Widuri  atau Calotropis gigantea mengandung senyawa aktif yang bersifat racun dan senyawa –senyawa yang bisa dimanfaatkan sebagai obat, yaitu  saponin, sapogenin, kalotropin, kalotoksin, flavonoid, polifenol,  alban, tannin,  uskarin, kalaktin, gigantin, kalsium oksalat , dan harsa.

Manfaat :

Karena kandungan zat kimia tersebut maka Widuri atau Calotropis gigantea bisa dimanfaatkan sebagai Toga. terutama bagi masyarakat yang hidup di daerah pesisir pantai. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan Widuri antara lain adalah :Batuk, penyakit exim, kudis,sifilis, kencing nanah, bisul,peluruh kencing,  campak, sesak nafas, dan sakit perut. Karena adanya kandungan saponin dan sapogenin maka wanita yang sedang hamil tidak dianjurkan menggunakan Widuri sebagai obat karena bisa membahayakan kandungan.

Perlu diwaspai bahwa jikaWiduri atau Calotropis gigantea ini dilukai akan menghasilkan getah yang berwarna putih seperti susu, dimana getah ini dapat menyebabkan kerusakan permanen pada mata.

 

 

Sumber :

http://id.wikipedia.org/wiki/Biduri

http://www.simplysimple.info/calotropis-gigantea-procera/

5 thoughts on “Widuri , Si Cantik yang banyak dijumpai di daerah pesisir

  1. Salam mbak… mbak dmn saya bisa mendapatkn tanaman ini?? Saya butuh buat obat ibu saya yg stroke. Apakah mvak tau ada yg membudidayakn tanaman ini?. Terimkasih sebelumnya.

    • Tanaman ini banyak dijumpai tumbuh liar di sepanjang pesisir pantai Pulau Jawa dan Bali, tapi kalau untuk mengobati stroke, saya belum pernah dengar. Budidaya tanaman ini tidak umum dilakukan, kecuali dengan tujuan untuk produksi obat-obatan tradisional.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s