Bayam Duri , Tanaman Liar yang perlu dilirik keberadaannya

Bayam duri yang nama ilmiahnya Amaranthus spinousus L. adalah tanaman yang tumbuh liar di sawah,  pekarangan, ladang dan tempat lain yang mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Selama ini kita tahu bahwa tumbuhan bayam terdiri dari banyak jenis, namun pada umumnya kita tidak pernah memperhatikannya. Yang kita ketahui hanyalah jenis bayam yang sering kita konsumsi, yaitu bayam sekul atau bayam sayur yang biasanya digunakan untuk sayur berkuah dan bayam raja yang sering dikonsumsi sebagai sayur tanpa kuah, misalnya dengan sambal Pecal, urap ( sambal kelapa) , sambal terasi dan sebagainya. Sampai pada akhirnya suatu hari saya bertemu dengan seorang teman, dia bercerita kalau setiap haid merasa tidak nyaman, pusing dan mudah lelah. Tapi setelah minum ramuan bayam duri, madu,  dan telur ayam , keluhan-keluhan tersebut menjadi berkurang, teman saya selalu membawa pulang tanaman bayam duri jika dia menemukan di jalan. Sejak saat itu saya tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang bayam duri.

Bayam Duri dengan daun bulat telur memanjang
Bayam Duri daunnya bulat telur memanjang

Bayam duri merupakan herba tegak bercabang banyak yang bisa berumur ±1 tahun. Batang tidak berkayu, lunak, berair,  dan berwarna merah. Daun tunggal berbentuk bulat telur memanjang dengan ujung meruncing, panjang daun ±5-8 cm. Pada setiap pangkal daun tumbuh sebuah duri . Bunganya tersusun rapat dalam karangan bunga yang memanjang dan bercabang , berwarna hijau. Berakar tunggang. Perbanyakan menggunakan biji.

bunga bayam duri

                            bunga dari bayam duri

Bayam duri memiliki banyak nama daerah: Podo Maduri ( Bugis), senggang cucuk (Sunda), bayem eri (Jawa), ternyak lakek (Madura), bayam keruai (Lampung) , bayam baiduri ( Maluku),

Duri pada pangkal daun

Duri pada pangkal daun

Klasifikasi :

Kingdom         : Plantae

Subkingdom    : Tracheobionta

Super divisi     : Spermatophyta

Divisi               : Magnoliophyta

Kelas               : Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)

Sub kelas         : Hamamelidae

Ordo                : Caryophyllales

Famili              : Amaranthaceae

Genus              : Amaranthus

Spesies            : Amaranthus spinosus L.

Kandungan senyawa kimia dalam bayam duri : amarantin, rutin, spinasterol, hentriakontan, tanin, kalium nitrat, kalsium oksalat, garam fosfat, zat besi, serta vitamin (A, C, K dan piridoksin = B6).

Bayam duri yang memiliki kandungan senyawa tersebut berperan sebagai obat untuk berbagai penyakit antara lain : peluruh kencing, memperlancar ASI, tambah darah, bronchitis,bisul, kencing nanah, dan demam. Untuk itu bayam duri perlu kita perhatikan keberadaannnya, karena bisa menjadi obat alternatif yang murah dan mudah di dapat di daerah pedesaan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s