Ekspresi Unik Sifat Intermediate / Kodominan pada Bunga Mirabilis jalapa ( Bunga Pukul Empat)

Yang dimaksud dengan sifat intermediate adalah gen-gen sealel yang sifatnya sama-sama tidak dominan atau tidak resesif, sehingga jika berada bersama-sama akan memunculkan fenotip dari sifat keduanya. Salah satu contoh adalah gen A pada bunga Mirabilis jalapa menentukan warna merah, sedangkan gen a menentukan warna putih . Karena gen A dan gen a sifatnya kodominan / intermediate maka individu bergenotip  Aa akan berwarna merah muda .Untuk memahami sifat intermediate, kadang- kadang siswa tidak dapat membayangkan bagaimana kenyataan yang sebenarnya.

Berikut ini adalah contoh  ekspesi yang unik dari gen-gen yang sifatnya kodominan pada bunga Mirabilis jalapa . Dari satu pohon yang bergenotip heterozigot  memiliki variasi bunga sebagai berikut:

Mahkota,stamen, dan pistil berwarna merah

Variasi 1

Mahkota bunga, kepala putik, kepala sari, tangkai putik dan tangkai sari semuanya berwarna merah.

Variasi 1

Variasi 2

Mahkota bunga sebagian besar berwarna merah dan sebagian berwarna putih dengan bercak-bercak merah, kepala putik dan tangkai putik berwarna merah, kepala sari yang 3buah berwarna merah dan yang 2 buah berwarna kuning, sedangkan tangkai sari yang 3 buah berwarna merah dan yang 2 buah berwarna merah muda

Variasi 3

Variasi 3

Mahkota bunga memiliki warna dasar putih dengan bercak-bercak berwarna merah muda, kepala putik dan tangkai putik berwarna putih, kepala sari berwarna kuning dan tangkai sari berwarna putih.

 

Variasi 4

Variasi 4

Mahkota bunga berwarna dasar putih dengan warna merah muda di bagian tengah,  kepala putik berwarna putih, tangkai putik berwarna merah muda, kepala sari merah dengan tangkai sari berwarna merah muda.

Variasi 5

Variasi 5

Mahkota berwarna putih dengan belang -belang merah, kepala putik berwarna putih, tangkai putik berwarna putih, kepala sari kuning dan tangkai sari berwarna putih.

Variasi 6

Variasi 6

Mahkota berwarna putih dengan sedikit bercak merah muda, kepala putik berwarna putih, tangkai putik berwarna putih, kepala sari berwara kuning dan tangkai sari berwarna putih.

Variasi 7

Variasi 7

Mahkota berwarna putih dengan belang -belang merah dan merah muda, kepala putik berwarna putih, tangkai putik berwarna putih, kepala sari kuning dan tangkai sari berwarna merah muda.

Variasi 8

Variasi 8

Mahkota berwarna putih dengan belang -belang merah dan merah muda, kepala putik berwarna putih, tangkai putik berwarna putih, kepala sari kuning dan tangkai sari berwarna putih.

Variasi 9

Variasi 9

Mahkota berwarna putih dengan belang -belang merah dan merah muda, kepala putik berwarna merah muda , tangkai putik berwarna merah muda, kepala sari kuning dan tangkai sari berwarna merah muda.

Variasi 10

Variasi 10

Mahkota berwarna putih dengan belang -belang merah dan merah muda, kepala putik berwarna putih, tangkai putik berwarnamerah muda, kepala sari berwarna merah  dan tangkai sari berwarna merah muda.

Variasi 11

Variasi 11

Mahkota berwarna merah muda, kepala putik berwarna putih, tangkai putik berwarna merah muda, kepala sari berwarna merah dan tangkai sari berwarna merah muda.

Variasi 12

Variasi 12

Mahkota bunga sebagian besar berwarna putih belang-belang merah  dan  merah muda, kepala putik berwarna putih dan tangkai putik berwarna merah, kepala sari yang 1 buah berwarna merah dan yang 4 buah berwarna kuning, sedangkan tangkai sari yang 1 buah berwarna merah dan yang 4 buah berwarna putih

Gambar di atas hanyalah beberapa contoh variasi saja, yang sebenarnya masih banyak lagi variasi  warna  yang cantik dan unik dari bunga Mirabilis jalapa ini.

Sekarang sudah jelas, bahwa warna bunga Mirabilis jalapa yang bergenotip heterozigot bukanlah berwarna merah muda polos tapi ekspresinya sangat unik dan variatif . Kalau kita amati dengan teliti, maka yang bervariasi bukan hanya pada warna mahkota bunga saja, melainkan juga pada warna kepala putik, tangkai putik, kepala sari dan tangkai sari .

Warna kepala putik bervariasi antara  merah dan  putih. Warna kepala sari bervariasi antara warna  merah dan warna kuning. sedangkan warna tangkai sari dan tangkai putik warnanya bervariasi antara putih, merah muda, dan merah tua.

One thought on “Ekspresi Unik Sifat Intermediate / Kodominan pada Bunga Mirabilis jalapa ( Bunga Pukul Empat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s