Oxallis barrelieri (Calincing), dapat membantu mengatasi keracunan makanan

Oxallis barrelieri atau sering disebut Calincing atau blimbing-blimbingan merupakan semak liar yang kini sudah mulai jarang dijumpai. Di Inggris tanaman ini dikenal dengan Lavender sorrel atau Barrelier’s woodsorrel.  Oxallis barrelieri  berasal dari Hindia barat, Amerika tropis, dan America selatan . Sekarang tanaman ini juga ditemukan di Afrika, Australia, Indonesia dan daerah daerah lain. Oxallis barrelieri umumnya dikenal sebagai gulma liar yang hidup di tepi tepi jalan atau di tanah yang tak terawat, yang lembab dan teduh.

Habitus: Oxallis barrelieri berupa  semak tegak berkayu dengan tinggi  ± 80 cm, batangnya berbentuk silindris, permukaannya halus, berwarna hijau agak kecoklatan.

Habitus Oxalis barelieri

Habitus Oxallis barrelieri

Bunga :  Oxallis barrelieri  memiliki bunga majemuk dengan tangkai malai yang panjang ( ±4cm) yang tumbuh di ketiak daun; bunga berbentuk terompet;  kelopak bunga berjumlah 5 helai berwarna hijau

Kelopak bunga Oxallis barrelieri berwarna hijau

Kelopak bunga Oxallis barrelieri berwarna hijau

Mahkota bunga sebanyak 5 helai yang bersatu dibagian dasarnya; mahkota bunga berwarna merah muda dan bagian dasarnya berwarna kuning;; Putik berjumlah 1buah; kepala sari berjumlah  5 buah berwarna kuning . Tanaman ini dapat berbunga sepanjang tahun.

Mahkota bunga Oxallis barrelieri berwarna merah muda dan bagian dasarnya berwarna kuning

Mahkota bunga Oxallis barrelieri berwarna merah muda dan bagian dasarnya berwarna kuning

Buah: berbentuk seperti buah belimbing tapi agak bulat;  bertaju 5 . Buah yang sudah tua akan pecah dan bijinya akan tersebar keluar. Biji berukuran kecil;  berbentuk bulat; berwarna kuning.

Buah Oxallis barrelieri yang masih belum masak

Buah Oxallis barrelieri yang masih belum masak

Daun : berdaun majemuk, terdiri dari 3 anak daun yang berbentuk bulat telur ( trifolia) dengan panjang ± 2-3cm dan lebar ± 1-2cm, tulang daun menyirip, tangkai daun panjang , tepi daunnya  rata . Akar :  berupa akar tunggang.

Daun Oxallis barrelieri , terdiri dari 3 anak daun (trifolia )

Daun Oxallis barrelieri , terdiri dari 3 anak daun (trifolia )

Klasifikasi
Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
Sub Kelas: Rosidae
Ordo: Geraniales
Famili: Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan)
Genus: Oxalis
Spesies: Oxalis barrelieri L.

Syn:  Acetosella barrelieri (L.) Kuntze, Oxalis amazonica Progel

Kandungan Zat aktif : Oxalis barrelieri L. mengandung senyawa polifenol. dan saponin dengan kadar rendah sehingga tidak menimbulkan efek allergi. Daun Oxalis barrelieri  mengandung asam oksalat sehingga menimbulkan rasa asam yang tajam, sebaiknya konsumsi dalam jumlah besar dihindari , karena kandungan asam oksalat yang besar akan mengikat pasokan kalsium dalam tubuh , hal ini dapat mengakibatkan tubuh akan kekurangan gizi.  Bagi orang dengan kecenderungan untuk rematik, arthritis, asam urat, batu ginjal atau hyperacidity harus berhati-hati dalam mengkonsumsi daun Oxalis barrelieri  karena dapat memperburuk kondisi mereka. Tanaman ini yang berbahaya justru kandungan asam oksalatnya, bukan saponin maupun polifenolnya. Untuk mengurangi kandungan asam oksalat, daun atau batang yang akan digunakan harus direbus terlebih dahulu.

Manfaat  / Khasiat: kandungan zat aktifnya dapat  menawarkan  racun akibat makanan. Bisa dimanfaatkan sebagai sayuran, namun kurang diminati, selain itu juga berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi terlalu banyak .

Cara penggunaan  : 25 gr daun  dan batang Oxalis barrelieri  direbus dengan  2 gelas air selama 15 menit, airnya  diminum untuk  pagi dan sore

Area penyebaran Oxallis barrelieri

Daerah penyebaran Oxallis barrelieri

Daerah penyebaran Oxallis barrelieri

Sumber :

http://www.globalspecies.org/ntaxa/854125

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s