Aku Jatuh Cinta Pada Tanaman Liar

Selama ini aku tidak pernah memandang sebelah matapun pada tumbuh-tumbuhan liar yang hidup disekitarku, baik itu di halaman rumah, di jalan, di sawah, di tempat-tempat yang tak terurus, maaupun di aeral pemakaman. Semua tanaman yang tumbuh seakan akan sudah merupakan hal yang biasa dan tidak ada yang istimewa.

bunga di dekat makam ibuku

bunga di dekat makam ibuku

 Pernah aku melihat seorang turis asing yang melihat beberapa tanaman di sepanjang jalan dia menulis dan mencatat , kemudian dia berjalan lagi  lalu berhenti , melihat tumbuh-tumbuhan dan mencatat lagi.  Aku tahu di Indonesia kaya akan plasma nutfah, aku juga sadar bahwa mungkin saja orang asing tadi bisa saja mengambil salah satu jenis tumbuhan yang ada di Indonesia yang mungkin memiliki manfaat penting, yang orang Indonesia sendiri belum mengenal dan belum mengetahui manfaatnya, kemudian mereka mengklaim dan mempatenkan bahwa tumbuhan itu adalah milik Negara mereka.

Sampai pada suatu hari aku melihat tanaman liar yang selama ini belum pernah aku lihat, belum pernah kesentuh, aku mengamati dengan seksama, aku kemudian tergerak untuk memotretnya berkali-kali. Lalu aku mencari referensi tentang tanaman itu baik dari buku maupun dari Internet, aku kagum…..ternyata dibalik kecantikannya tumbuhan itu memiliki racun yang sangat berbahaya. Kemudian aku memotret kembali tanaman – tanaman  liar yang ada di sekitar rumahku, berdasarkan referensi ternyata tumbuh – tumbuhan yang selama ini tidak pernah kuhiraukan  memiliki manfaat penting dalam dunia pengobatan tradisional .

Sejak saat itu aku merasa bahwa aku telah jatuh cinta…’ pada tanaman liar’. Sekarang kemanapun aku pergi aku selalu berburu tanaman liar , baik yang belum pernah aku jumpai , maupun yang selama ini selalu tak kuacuhkan . Aku juga berburu tanaman yang sewaktu aku kecil pernah kulihat tapi sekarang sudah tidak pernah lagi kujumpai, karena mungkin di daerah lain masih bisa kutemukan lagi.  Terhadap tanaman liar aku selalu mengagumi keindahan bunganya, aku mengagumi bentuk daunnya, aku mengagumi buahnya, bijinya, dan aku mengagumi semuanya, Kini  setiap aku melihat tanaman yang baru kulihat,  aku senantiasa merasa kagum karena ternyata ciptaan Allah itu selalu indah, paduan warnanya selalu serasi, bentuknya selalu unik dan menakjubkan.  saat itu yang bisa terucap hanyalah Subhanallah……

Sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang Allah berikan , sebagai  wujud rasa tanggung jawab manusia terhadap sumberdaya alam hayati yang Allah limpahkan, aku mencoba untuk menuliskan setiap tumbuhan liar yang aku temukan dan kudapatkan referensinya, agar bisa bermanfaat bagi mereka yang membutuhkan .

Semoga apa yang kulakukan sentiasa mendapatkan ridho dari Allah dan akan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi sesama.  Amien……..

One thought on “Aku Jatuh Cinta Pada Tanaman Liar

  1. Tante~
    Alti juga ngerasain hal yang sama~
    Artikelnya bikin deg2an deh.
    Ulasan tentang tumbuhannya membuka mata sekali.
    *-*/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s