Siegesbeckia orientalis , Memiliki Efek Sedatif

Siegesbeckia orientalis  atau yang sering disebut Jabung oleh masyarakat Jawa adalah herba liar yang tergolong dalam  suku Asteraceae . Tanaman ini berasal dari Asia tenggara , dan kini telah tersebar di seluruh daerah beriklim tropis seperti : Indonesia, Jepang, China, Taiwan, India, Kenya, Tanzania, Uganda, Madagascar, Bolivia, dan Australia.

Siegesbeckia orientalis ini umumnya hidup liar di tempat yang agak lembab dan teduh namun cukup mendapat paparan sinar matahari .

Siegesbeckia Orientali atau Jabung

Siegesbeckia Orientalis atau Jabung

 Siegesbeckia orientalis merupakan herba tegak ,setahun, berbatang kecil, bercabang banyak,  dengan tinggi  ± 80 cm.  Bagian batang yang sudah tua umumnya berkayu. Batang berbentuk silindris; berambut pendek ; dan berwarna agak keunguan.

Foto foto dari Siegesbeckia orientalis ini berlokasi di tanah kosong yang akan dibangun kompleks pertokoan terpanjang , di daerah Sawojajar, Malang –Jawa Timur.

Habitus Tumbuhan Jabung / Siegesbeckia orientalis

Habitus Tumbuhan Jabung / Siegesbeckia orientalis

Siegesbeckia orientalismemiliki beberapa nama daerah , antara lain : Menyuwun, Jabung, Limpungan, Jabungan ( Jawa);  Nampong ( Sunda),

Selain nama daerah  Siegesbeckia orientalis juga memiliki nama umum : St Paulswort (USA), small Yellow crown beard ( Inggris), Kirenso ( Jepang), Xi xian cao ( Cina), Trompetilla ( Colombia)

Daun dari Siegesbeckia orientalis tumbuh berhadapan;  bentuknya bervariasi, daun yang tumbuh di bagian pangkal umumnya berbentuk segitiga memanjang,meruncing di bagian ujung dan pangkalnya ;  tepi daun bergigi, sedangkan yang tumbuh di bagian ujung bentuknya lancet,  kecil,dengan tepi daun  rata; bagian permukaan atas daun kasar karena banyak rambutnya.; panjang daun ± 5-20 cm sedang lebarnya ± 3-12 cm.

Bentuk Daun Jabung yang bervariasi

Bentuk Daun Jabung yang bervariasi

Bunga dari Siegesbeckia orientalis merupakan bunga majemuk yang berupa bongkol kecil yang tumbuh di bagian ujung tanaman , di percabangan batang. atau di ketiak daun; bongkol bunga memiliki 5 brachtae yang berambut kelenjar; Bunga yang berada di bagian tepi bongkol adalah bunga betina yang memiliki  3 buah mahkota bunga yang berwarna kuning, tabung bunganya pendek , tangkai putik bercabang 2 dan tepinya terlindung oleh bagian yang berbentuk segitiga terbalik , tertutup oleh rambut kelenjar. Di bagian tengah terdapat bunga  yang berbentuk lonceng  yang tepinya ber taju 5, kepala sari kecil.

Bunga yang berada di bagian tengah berbentuk lonceng bertaju 5

Bunga yang berada di bagian tengah berbentuk lonceng bertaju 5

Bila tumbuhan sudah tua maka bunga akan tumbuh bergerombol di bagian pucuk membentuk karangan bunga

Bunga di bagian ujung membentuk karang

Bunga di bagian ujung membentuk karang

Buah  dari Siegesbeckia orientalis berwarna coklat , berisi biji biji yang berwarna hitam. Jika sudah kering buah akan pecah dan bijinya tersebar keluar.

Buah yang sudah tua , bijinya sudah tersebar

Buah yang sudah tua , bijinya sudah tersebar

Klasifikasi :

Kingdom  :  Plantae

Divisio     :   Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas      :   Dicotyledonae

Ordo      :  Asterales

Famil      :  Asteraceae

Genus    :  Siegesbeckia

Spesies :  Siegesbeckia orientalis. Linn

Sinonim :  Siegesbeckia  humilis koidzumi, Siegesbeckia iberica wildnow, Siegesbeckia gracillis de condole,  Siegesbeckia microcephala de condole

Kandungan senyawa aktif pada Jabung  ( Siegesbeckia orientalis ) : diterpenoid,,flavonoid,  kristal semacam asam salisilat ( aspirin).         

                                                                

Manfaat Jabung  ( Siegesbeckia orientalis ) :    

Sebenarnya tumbuhan ini sudah berabad abad yang lalu digunakan sebagai obat untuk menghilangkan rasa sakit pada reumatik sendi

Di Inggris untuk obat kurap

Di China untuk obat malaria, reumatik sendi, gigitan ular, ginjal

Di Indonesia sebagai obat reumatik

Di Kep Mauritius : untuk obat sifilis, lepra dan berbagai penyakit kulit.

   Siegesbeckia orientalis telah dipatenkan sebagai : 1. obat anti inflamasi, antipiretik, analgesic  2. obat Kosmetik :  antiaging , dermabrasi, metode pengobatan melawan efek penuaan kulit  3. obat  persendian / reumatik di China

 

 

Sumber :

1.       http://id.wikipedia.org/wiki/Jabung

2.       http://www.clarinsusa.com/Siegesbeckia-Orientalis/siegesbeckia_orientalis,en_US,pg.html

3.       http://botanical.com/botanical/mgmh/s/sieges48.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s