Paederia foetida,berbau kentut segudang manfaat.

Paederia foetida atau Simbukan / sembukan merupakan tumbuhan tak berkayu , merayap atau memanjat yang berasal dari Asia timur dan Asia selatan. Tumbuhan ini sudah diperkenalkan oleh departemen pertanian AS menjelang tahun 1897 sebagai tanaman serat yang potensial.

Paederia foetida atau Simbukan tumbuh subur di daerah yang lembab , dan mampu beradaptasi pada kondisi lingkungan bervariasi baik kelembaban ,suhu , maupun salinitasnya. Karena pertumbuhannya yang sangat cepat di berbagai kondisi lingkungan maka seringkali Paederia foetida atau Simbukan menjadi gulma di areal pertanian. Yang khas pada tanaman ini adalah baunya yang  tidak sedap ( seperti bau kentut) ketika bagian tumbuhan itu diremas,

Foto-foto di bawah ini diambil dari areal Pemakaman Umum Kutho Bedah, Kota Malang –Jawa Timur.

Mahkota bunga Paederia foetida sebanyak 5 -  6 helai

Mahkota bunga Paederia foetida sebanyak 5 – 6 helai

Bunga tersusun dalam bentuk karangan yang indah

Karangan bunga Paederia foetida

Karangan bunga Paederia foetida

 Paederia foetida atau Simbukan  umumnya tumbuh  merayap di permukaan tanah atau merambat dipagar-pagar. Namun seringkali tanaman ini juga merambat pada tumbuhan inang, Karena pertumbuhanya pesat dan dapat membentuk suatu kanopi maka dapat mengakibatkan tumbuhan inang mengalami kematian karena tidak dapat berfotosintesis.

Paederia foetida yang membentuk canopy di atas tumbuhan inang

Paederia foetida yang membentuk canopy di atas tumbuhan inang

Daun pada Paederia foetida atau Simbukan memiliki ciri : berbentuk  jantung, ujungnya lancip dengan ukuran lebar ±..3 – 5 cm dan panjangnya ± 5 – 8.cm; daun tumbuh berhadap –hadapan; tulang daun menyirip; memiliki tangkai daun yang panjangnya ± 2 – 3 cm; ada juga daun yang bentuknya agak sempit dan panjang; permukaan daun sedikit kasar karena adanya rambut-rambut yang pendek.

Daun Paederia foetida yang berbentuk Jantung

Daun Paederia foetida yang berbentuk Jantung

Bunga dari Paederia foetida atau Simbukan berupa bunga tunggal yang tersusun berkarang, dimana setiap karangan bunga tumbuh pada ketiak daun

Karangan bunga tumbuh pada ketiak daun

Karangan bunga tumbuh pada ketiak daun

Kelopak bunga Paederia foetida berwarna hijau, pendek, ujungnya runcing , berjumlah 5-6  helai (sesuai dengan jumlah mahkota bunganya); kelopak bunga berada di atas dasar bunga yang berwarna kecoklatan.

Kelopak bunga, Dasar bunga dan tabung bunga

Kelopak bunga, Dasar bunga dan tabung bunga

Mahkota bunga Paederia foetida berwarna putih tulang ; bagian tepinya bergelombang;  berjumlah 5 atau 6 helai dengan dasar yang menyatu membentuk tabung yang panjangnya ± 1,5 cm;  tabung bunga bagian dalam berwarna merah tua sedang bagian luar berwarna putih keunguan dengan tekstur agak kasar .

Karena adanya rambut yang tumbuh pada mulut tabung bunga mengakibatkan kepala putik tertahan dalam tabung bunga alias tidak dapat keluar dari tabung bunga walaupun tangkainya panjang, ini mungkin merupakan rahasia yang telah direncanakanNya agar bunga tetap dapat mengalami penyerbukan sendiri.

Putik dan Kepala sari pada Paederia foetida

Putik dan Kepala sari pada Paederia foetida

Kotak sari pada Paederia foetida sebanyak 5 buah dengan tangkai yang sangat pendek dan menempel pada tabung bunga yang posisinya hampir mendekati mulut tabung.  Putik sebanyak 2 buah ; kepala putik berwarna putih ; tangkai putiknya panjang berwarna putih

Bagian-bagian  dalam bunga Paederia foetida

Bagian-bagian dalam bunga Paederia foetida

Buah Paederia foetida berbentuk bulat,  diameter ± 7 mm dengan panjang ± 9 mm. Buah memiliki tangkai buah yang pendek.. Buah Paederia foetida lunak, berair dan kulit buahnya tipis sehingga mudah pecah. Biji Paederia foetida berwarna hitam, berukuran panjang ± 3 mm, lebar ± 0,5 mm, tebal  ± 0,25 mm.

Buah dan Biji Paederia foetida

                                            Buah dan Biji Paederia foetida

Batang Paederia foetida beruas-ruas berwarna hijau kecoklatan. Pada pangkal setiap ruas tumbuh dua buah daun yang berhadapan. Karena batangnya beruas-ruas maka Paederia foetida dapat diperbanyak secara vegetatif dengan stek batang, selain secara generatif yang menggunakan biji

Batang Paederia foetida

Batang Paederia foetida

Di Indonesia Paederia foetida memiliki beberapa nama daerah antara lain : Simbukan / sembukan (Jawa) ; Kahitutan ( Sunda) ; Bintaos / Sembhukan ( Madura) ; Daun Kentut ( Sumatra). Di China Paederia foetida disebut Ji shi teng, nama dalam bahasa Inggris: Chinese Flower Plant, Chinese Moon-creeper, Kings Tonic, di Bengali disebut : Gandhabhaduli. Nama umum lainnya : skunkvine, stinkvine, chicken excrement plant, flatulent vine.

Kandungan Senyawa kimia aktif pada Paederia foetida
Daun
nya  kaya akan  karoten dan vitamin C, dan juga banyak mengandung asam amino  arginin, histidin, lisin, tirosin, triptofan, fenilalanin, sistin, metionin dan valin. Selain itu Paederia foetida atau Simbukan  juga mengandungsenyawa aktif yang berupa  minyak atsiri ; metil merkaptan( penyebab bau tak sedap); glikosida iridoid; triterpenoid; asam oleanolat; sitosterol; ceryl alkohol, asam palmitat, stigmasterol kristal keto alkohol paederolone,  paederone,paederine dan paederenine ; hentriacontane, hentriacontanol, , campesterol, asam ursolat; paederoside, asam paederosidic, scandoside, asperuloside dan deacetylasperuloside (pada daun dan batang).

Manfaat Paederia foetida :

Karena kandungan senyawa kimianya , maka Paederia foetida dapat bermanfaat sebagai obat antiinflamasi, antiartritik, antikanker, antihelmintik (obat cacing), antispasmik, antidiare, antidiuretik,  antibiotic, antihistamin, antitusif, antiulcer, antibacterial, hepatoprotectif,  dan analgesic. Disamping sebagai bahan obat treadisional , Paederia foetida juga digunakan sebagai bahan makanan yang bergizi yang diolah sebagai sayur atau lauk, mis: Bothok ( Jawa)

Botok Simbukan

                                                      Botok Simbukan

Cara penggunaan :

  •  air rebusan daun atau batang diminum untuk pengobatan rematik, memperlancar kencing, batuk, radang lambung, dan diare
  •  air perasan daun segar diminum untuk mengobati kejang
  • gilingan daun dan batang dibalurkan pada kulit yang terkena cacar air, luka, atau memar
  • daun dilayukan di atas api lalu ditempel pada perut untuk mengobati perut kembung karena masuk angin pada anak-anak.

Klasifikasi Paederia foetida :

Kingdom

:  Plantae

Subkingdom  

: Tracheobionta

Superdivisi  

: Spermatophyta

Divisi  

: Magnoliophyta

Kelas

: Magnoliopsida

Subklas

: Asteridae

Ordo

:Rubiales                                         

Famili

: Rubiaceae

Genus

: Paederia

Spesies

: Paederia foetida L.

Sinonim :

Paederia scandens (Lour.) Merr. ; P. chinensis Hance. ; Paederia foetida Auct. non L; Paederia tomentosa, Bl

 

Sumber :

1.http://www.stuartxchange.com/Kantutan.html

2.http://www.mpbd.info/plants/paederia-foetida.php

2 thoughts on “Paederia foetida,berbau kentut segudang manfaat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s