Taraxacum officinale Weber, Herbal berdaun Roset yang menjadi gulma .

Taraxacum officinale Weber atau Jombang berasal dari kawasan Eurasia ( eropa dan Asia barat.) yang kini telah telah tersebar luas ke kawasan Australia , Afrika, dan Amerika utara.. Taraxacum officinale Weber  yang lebih dikenal dengan Dandelion, di Jawa dikenal dengan nama Jombang.  Foto-foto Taraxacum officinale Weber atau Jombang ini diambil dari area wisata Pemandian  Selecta –Kota Batu, Jawa Timur

Habitus Taraxacun officinale weber / Jombang

Habitus Taraxacun officinale weber / Jombang

Taraxacum officinale Weber atau Jombang merupakan salah satu jenis herbal ( tanaman bermanfaat obat) liar yang memiliki daun  tersusun roset. Taraxacum officinale Weber atau Jombang merupakan tanaman  menahun yang bermanfaat sebagai tanaman obat, namun seringkali tanaman ini menjadi gulma yang tersebar dimana-mana, terutama di daerah dataran tinggi yang basah. Karena banyak herbal liar yang berdaun roset seperti Tapak Liman dan Tempuyung, maka perlu diberikan detail gambar morfologi tanaman ini agar dalam mengenali tanaman ini tidak mengalami kesalahan.

Daun Tarxacum officinale tersusun Roset

Daun Tarxacum officinale tersusun Roset

Bunga Taraxacum officinale Weber atau Jombang: berupa bunga majemuk ( Infloresens) yang terdiri dari bunga  tunggal yang berupa bunga tabung dan bunga pita , sebagaimana halnya bunga dari family Asteraceae. Mahkota bunga berwarna kuning cerah; bentuk bunga mejamuk (Infloresens) seperti bunga Krisan dengan diameter ± 4,0 cm ; bunga berkelamin ganda. Bunga tunggal berbentuk tabung kecil yang bertumpu pada bakal biji tunggal, dalam tabung tersebut separuhnya berisi nectar sehingga mengundar serangga untuk hadir dan membantu proses penyerbukan bunganya  ( Entomogami)

Bunga Majemuk dari Traxacum Officinale

Bunga Majemuk dari Traxacum Officinale

Bunga majemuk (Infloresens) memiliki bagian yang menyerupai tangkai  yang panjangnya ± 20 -30 cm.  tumbuh langsung dari batang yang berada  pada permukaan tanah

Tangkai Infloresens dari Taraxacum officinaleyang panjang

Tangkai Infloresens dari Taraxacum officinaleyang panjang

Bunga majemuk / Infloresens memiliki daun pelindung  berwarna hijau berbentuk tabung, dan dibagian dasar bunga terdapat daun pembalut berbentuk lancet yang jumlahnya banyak

Bagian -bagian bunga Taraxacum officinale

Bagian -bagian bunga Taraxacum officinale

Buah Taraxacum officinale Weber atau Jombang yang sudah mulai masak akan tampak rambut putih yang mulai mongering menyembul pada ujung daun pelindung.

Buah Taraxacum officinale yang mulai masak

Buah Taraxacum officinale yang mulai masak

Jika semua buah sudah masak,daun pelindung mongering dan pecah, sehingga buah majemuk tampak berbentuk bola berwarna putih karena terdiri dari buah tunggal yang masing-masing memiliki rambut berwarna putih.

Kumpulan buah dari Taraxacum officinale yang berbentuk bola putih

Kumpulan buah dari Taraxacum officinale yang berbentuk bola putih

Buah Taraxacum officinale Weber atau Jombang: berbentuk panjang pipih, berukuran kecil dengan panjang± 4 mm dan lebar ± 1 mm, berwarna coklat , pada ujungnya memiliki rambut berwarna putih mengkilat seperti sutera.

Buah tunggal / Biji  dari Taraxacum officinale

Buah tunggal / Biji dari Taraxacum officinale

Perbanyakan Taraxacum officinale Weber atau Jombang: karena tanaman jombang menghasilkan banyak biji yang berukuran kecil, ringan dan berambut maka perbanyakan tanaman Jombang  adalah dengan biji, dan penyebaran biji dibantu oleh angin (Anemokori)

Daun Taraxacum officinale Weber atau Jombang berbentuk lancet dengan ukuran panjang  ±  10- 20 cm lebar ± 2- 4 cm; daun memiliki permukaan yang halus berwarna hijau terang sampai hijau gelap dan ditumbuhi oleh rambut halus, pendek, berwarna putih;  lembaran daunnya  tipis dan lunak; tepi daun bergerigi besar atau bercelah dalam yang tak teratur, karena bergerigi besar menyerupai taring singa maka dalan bahasa Perancis disebut Dent de Lion yang akhirnya tanaman ini dikenal dengan nama Dandelion. Daun yang masih muda dapat digunakan untuk lalapan, dan untuk sayuran.

Bentuk daun Taraxacum officinale yang bergerigi besar

Bentuk daun Taraxacum officinale yang bergerigi besar

Akar Taraxacum officinale Weber atau Jombang berupa akar tunggal berbentuk tongkat , berdaging yang umumnya tidak bercabang.

Kandungan Senyawa  Taraxacum officinale Weber atau Jombang:
Herba mengandung taraxasterol, taraxacerin, taraxarol, kholine, inulin, pektin, koumestrol, dan asparagin. Akar mengandung taraxol, taraxerol, taraxicin, taraxasterol, b-amyrin, stigmasterol, b-sitosterol, choline, levulin, pektin, inulin, kalsium, kalium, glukosa, dan fruktosa. Daun mengandung lutein, violaxanthin, plastoquinone, tanin, karotenoid, kalium, natrium, kalsium, choline, copper, zat besi, magnesium, fosfor, silikon, sulfur, dan vitamin (A, BI, B2, C dan D). Bunga mengandung arnidiol dan flavoxanthin. Pollen mengandung ß-sitoserol, 5a-stigmast-7-en-3ß-ol, asam folat, dan vitamin C.

Manfaat Taraxacum officinale Weber atau Jombang:

1.Obat luar:

– untuk mengurangi radang pada payudara, bisul, dan radang pada luka.

caranya; bagian tubuh tumbuhan yang masih segar ditumbuk halus lalu dibalurkan pada bagian tubuh yang mengalami radang.

-untuk menyegarkan wajah dan menjaga wajah dari flek dan jerawat, dengan cara mencuci wajah dengan air rebusan tanaman Jombang segar.

2.Obat dalam :

-rebusan tanaman Jombang segar maupun rebusan tanaman Jombang yang sudah dikeringkan , diminum untuk  mengobati berbagai macam penyakit.  Misalnya ; kencing manis, kanker , keputihan, darah tinggi, radang kantung empedu, memperbanyak produksi ASI , hepatitis, dan masih banyak lagi .

3. Daun yang masih muda untuk lalapan , daun juga bisa digunakan untuk sayuran.

 

Klasifikasi :

Kingdom :  Plantae

Subkingdom : Tracheobionta

Superdivisi : Spermatophyta
Divisi:  Angiospermae
Kelas:  Magnoliopsida

Subkelas : Asteridae
Ordo:   Asterales
Famili:   Asteraceae ( Compositae)
Genus:   Taraxacum
Spesies:  T. officinale
Nama binomal: Taraxacum officinale web.

Sinonim :T. mongolicum Hand.-Mazz., T. officinale Wigg., T. ceratophyllum DC, T. corniculatum DC, T. dens-lionis Desf., T. sinense DC, Leontodon taraxacum L., L. taraxacum

 

Sumber :

http://plants.usda.gov/core/profile?symbol=TAOFO, 18/12/2013

http://en.wikipedia.org/wiki/Taraxacum_officinale , 18/12/2013

http://keyserver.lucidcentral.org/weeds/data/03030800-0b07-490a-8d04-0605030c0f01/media/Html/Taraxacum_officinale.htm , 18/12/2013

http://www.botanical.com/botanical/mgmh/d/dandel08.html, 31/12/2013,

3 thoughts on “Taraxacum officinale Weber, Herbal berdaun Roset yang menjadi gulma .

  1. Selamat malam,
    Artikel yang mbak tulis benar-benar lengkap dan bermanfaat. Saya tertarik sekali untuk menanam dandelion di taman rumah saya, saya berusaha membelinya di pasar bunga kota Malang, akan tetapi tidak ada satupun penjual yang tahu jenis tanaman ini, benar-benar aneh…
    Setelah browsing di Internet cukup lama saya akhirnya menemukan blog ini dan saya sunggguh bersyukur ada seseorang yang mengetahui lebih detail tentang tanaman ini dan khasiatnya. Saya ingin bertanya kira-kira di mana saya bisa mendapatkan tanaman ini? Apakah dijual di sekitaran kota Batu? Ataukah bisa begitu saja dipetik di pinggir2 jalan? Saya mohon informasinya ya mbak. Terima kasih banyak.

    • Setahu saya bunga ini tumbuh liar di tanah yang agak lembab, jadi tidak dijual. Kalau di kota Batu di semak-semak tepi jalan sepertinya banyak, dan kalau di pemandian Selecta, saya menemukan di semak semak yang ada diatasnya tulisan Tirta Kamandanu, Saya kira di kota manapun tumbuhan ini bisa kita temukan . Selamat berburu …

  2. sya hnya bantu menjawab @horshitorto
    di website bibitbunga.com ada yang menjual bibit bunga dandelion. 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s