Memahami Pengertian Hermaprodit dan Gonochoris Melalui Pengamatan Lingkungan

Hermaprodit berasal dari kata Yunani Hermes dan Aphrodite, dimana dalam sejarah Yunani Hermaphroditos merupakan anak dari Dewa Hermes dan Dewi Aphrodite. Istilah ini kemudian digunakan untuk  memberi  nama organisme yang memiliki  alat kelamin jantan dan alat kelamin betina sekaligus, dimana kedua alat kelamin tersebut berfungsi dengan baik. Hewan hermaprodit secara morfologi memiliki ukuran, warna dan bentuk  yang sama, sehingga organisme hermaprodit  tidak dapat dibedakan jenis kelaminnya. Contoh  hermaprodit pada hewan misalnya :  Bekicot, cacing tanah, dan lintah

Bekicot yang tidak dapat dibedakan jenis kelaminnya

Bekicot ( Achatina fulica )yang tidak dapat dibedakan jenis kelaminnya

 Organisme yang dapat dibedakan jenis kelaminnya dikenal dengan istilah gonochoris (gonos=biji ; chorisis=terpisah). Hewan  yang gonochoris dapat dibedakan antara yang jantan dan betina karena memiliki perbedaan dalam hal bentuk morfologi , ukuran tubuh, dan warnanya,  misalnya : Singa , seperti pada gambar berikut ini.

Perbedaan yang tampak Jelas antara hewan jantan dan betina

Perbedaan yang tampak Jelas antara hewan jantan dan betina

Untuk memahami pengertian hermaprodit dapat dilakukan dengan pengamatan langsung terhadap hewan – hewan di lingkungan sekitar kita. sehingga bisa membedakan dengan jelas mana hewan yang hermaprodit dan mana yang gonochoris.

Pemahaman terhadap hewan hermaprodit dapat dicermati dari contoh perkawinan Bekicot pada gambar berikut ini.

Jantan dan betinanya tidak dapat dibedakan

Bekicot ( Achatina fulica) saling bertukar sperma

Walaupun hermaprodit  dan sel-sel  kelamin jantan dan betina masak bersamaan , tapi  bekicot tidak dapat melakukan pembuahan sendiri sehingga kedua bekicot ini harus saling bertukar sperma.

Tampak pada gambar di bawah ini , adanya bentukan  semacam pipa berwarna putih yang berasal dari kedua bekicot , yang berfungsi sebagai alat untuk mentransfer sperma .

Alat pentransfer sperma pada bekicot

Alat pentransfer sperma pada bekicot ( Achatina fulica)

Contoh organisme hermaprodit pada golongan tumbuhan : adalah tumbuhan yang memiliki bunga sempurna  / berumah satu , dimana dalam satu bunga terdapat putik dan benang sari sekaligus, misanya pada bunga Cleome rutidosperma berikut ini :

Hermaprodit pada tumbuhan

Hermaprodit pada tumbuhan

Jika putik dan  serbuk sari masak bersamaan maka tumbuhan dapat melakukan penyerbukan sendiri.

Jika putik masak lebih dulu dikenal dengan protogini, sedang jika serbuk sari masak lebih dulu disebut dengan protandri, kedua peristiwa tersebut menyebabkan bunga  tidak dapat melakukan penyerbukan sendiri .

Hermaprodit pada tumbuhan bisa juga berupa adanya  alat jantan dan  alat kelamin betina yang terpisah tapi berada dalam satu pohon, contohnya  pada  buah Nangka ada bunga jantan dan bunga betina, pada Pinus ada strobilus jantan dan Strobilus betina .

Contoh tumbuhan yang Gonochoris ( berumah dua )  adalah : Salak, dmana ada pohon salak yang hanya menghasilkan bunga jantan saja dan ada pohon salak yang hanya menghasilkan bunga betina saja.

Semoga contoh- contoh  di atas dapat memberikan gambaran yang lebih jelas tentang pengertian  hermaprodit dan Gonochoris . Sebagai catatan bahwa hermaprodit pada manusia tidak ditemukan.

Sumber :

id.wikipedia.org/wiki/Hermafrodit

2 thoughts on “Memahami Pengertian Hermaprodit dan Gonochoris Melalui Pengamatan Lingkungan

  1. Pingback: Memahami Pengertian Hermaprodit dan Gonochoris Melalui Pengamatan Lingkungan – Savira Nurulita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s